Text
Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan
Buku ini menawarkan berbagai pemikiran konseptual teoretis dan aplikasi-praktik untuk memudahkan guru atau pendidik dalam menerapkannya di sekolah. Pada bagian pertama, buku ini memaparkan manajemen berbasis sekolah terkait wujud reformasi pendidikan yang menawarkan kepada sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi para peserta didik. Otonomi dalam manajemen berbasis sekolah merupakan potensi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja para staf, menawarkan partisipasi langsung ke kelompok-kelompok yang terkait, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan. Pada bagian kedua, mengupas evaluasi kinerja kepala sekolah sebagai penanggung jawab pelaksana manajemen pendidikan di sekolah. Pada bagian ketiga mengupas tentang manajemen kurikulum yakni segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha dengan meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Bagian keempat menjelaskan tentang manajemen kurikulum terkait pentingnya manajemen dalam sebuah kurikulum, konsep manajemen kurikulum, kurikulum yang menentukan kualitas dan kegiatan manajemen kurikulum. Bagian kelima, berfokus pada kurikulum pendidikan yang memberikan gambaran bagaimana perkembangan kurikulum dan mengupas kelemahan serta kelebihan kurikulum yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Bagian kelima mengulas tentang mutu suatu lembaga pendidikan yakni perencanaan mutu, pengawasan mutu, dan perbaikan mutu. Pada bagian keenam, menguraikan fungsi manajemen kurikulum pendidikan terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kurikulum pada suatu sistem lembaga pendidikan. Penulis menghaturkan limpahan terima kasih kepada semua pihak yang tak dapat kami sebutkan satu persatu, semoga kebaikan dan amal yang diberikan senantiasa menjadi bekal bakti di dunia ini. Akhirnya, ada secercah harapan yang senantiasa digantungkan, yaitu mudah-mudahan buku ini dapat memberikan sedikit sumbangan berharga bagi pengembangan pendidikan, terutama sebagai bekal mengelola pendidikan bagi kepala sekolah, calon guru maupun guru, dan pemangku kepentingan pada lembaga pendidikan yang sudah bertugas. Apresiasi dalam bentuk kritik dan saran sangat penulis harapkan demi penyempurnaan buku ini. (*)
Tidak tersedia versi lain